Social Media Market - Pada zaman ini, Social Media telah menjadi senjata yang ampuh untuk mereka
yang ingin memasarkan atau memperkenalkan produk dan jasa mereka tanpa harus
kemana-mana. Fakta menarik awal diciptakan Social Media ialah sebagai tempat
kita berhubungan dengan teman atau rekan kerja kita dan kita dapat menulis apa
yang kita ingin beritahukan orang lain lewat dunia maya.
Dan seiring waktu orang-orang mulai melihat adanya peluang dari
Social Media. Sedikit namun pasti mereka yang biasa berjualan “Offline” mulai menggunakan jasa Social
Media untuk memperkenalkan produk dan jasa mereka. Namun bukan hal mudah untuk
meraih penjualan yang tinggi, mengingat persaingan saat ini di Internet
sangatlah besar. Oleh sebab itu perlu perencanaan yang benar-benar matang bila
anda ingin memulai bisnis di dunia maya.
Hari ini saya hanya
ingin membagikan beberapa Social Media yang diperkirakan akan trend atau
“Booming” pada 2014.
1.
Twitter dan Facebook
Memang Facebook sampai
saat ini masih menduduki peringkat pertama dengan 1.18 Milliar pengguna. Di US
sendiri Facebook sudah mulai mengalami penurunan yang lumayan. Lain halnya di
Indonesia, pengguna Facebook justru
makin bertambah. Dan bila kita hanya membidik target lokal saja. Maka FB dapat
di jadikan salah satu alat anda untuk memasarkan produk anda.
Twitter yang masih
dalam fase pertumbuhan tidak seperti facebook yang telah dulu berjalan dan
dikenal. Namun sudah banyak perusahaan besar yang menggunakan Twitter secara
aktif karena mereka yakin bahwa Twitter akan muncul sebagai platform yang besar
pada 2014 dan mampu menarik perhatian dari para pemilik bisnis dan konsumen.
2.
Google+
Fakta tentang Google+
ialah Pengunjung bulanan pada situs ini sudah hampir sama seperti pada
Facebook. Jadi apa yang akan menghentikan amukan Google+ untuk berjaya di 2014?
Google sangat serius ingin mengembangkan “G+”. Dan yang menarik ialah Google
merupakan raksasa dalam mesin pencari. Dan sejak algoritma Hummingbird, Google+
sendiri sebenarnya digunakan juga untuk mengurangi spam yang dilakukan oleh
para pencari backlinks.
Namun sayangnya di
Indonesia, masih sangat sedikit yang menggunakan layanan Google+. Buka mata
lebar-lebar dan lihat peluangnya.
3.
YouTube dan Pinterest
Masyarakat umumnya
lebih menyukai sesuatu yang berupa video dan gambar daripada berupa tulisan.
Itulah mengapa pada tahun 2014, para pengguna akan beralih ke Video. Sedangkan
Pinterest sendiri merupakan situs yang memperbolehkan kita mengupload gambar
produk atau jasa kita, memberikan informasi serta tautan langsung ke homepage kita
atau url kita. 2013 saat ini saja YouTube sudah mempunyai 500juta lebih
pengguna setiap bulannya. Jadi tunggu apa lagi?
4. Forum (Jual Beli)
Sebenarnya Forum jauh
sebelumnya sudah sering digunakan sebagai media promosi produk. Akan tetapi
pada 2014 ini, forum-forum masih dapat bertahan dari pada raksasa diatas. Namun
anda harus cermat dalam memilih forum mana yang memiliki pengunjung yang ramai.
Kaskus, Tokobagus, dan Qoo10 masih menjadi tempat untuk memasarkan produk kita.
Banyak sekali cara
untuk memasarkan produk dan jasa kita lewat internet. Namun dibalik itu
semuanya butuh proses dan dedikasi untuk melihat hasilnya. Menurut anda
kira-kira trend social media apa yang bakalan booming??
Perlu diingat cara Social
Media diatas bukan untuk mencari Backlinks. Namun lebih kepada pemasaran produk
dan jasa anda agar dikenal “manusia”
bukan “robot google”.
Facebook is never die... hahaha. saya tetap pakai facebook buat jualan. tapi untuk aktif nya saya di forum gan hehehe. apapun trendnya saya rasa semuanya butuh perencanaan.
ReplyDelete