Pages

Saturday, December 21, 2013

Sejarah Awal Terbentuknya Walt Disney

Awal Terbentuknya Walt Disney

Tokoh Inspiratif - Walter Elias Disney atau yang lebih dikenal Walt Disney lahir pada tanggal 5 Desember 1901 beralamat di 2156 N. Tripp Avenue di Chicago. Walter sendiri merupakan keturunan Robert D’Isigny, orang Prancis yang berkelana ke Inggris. Dan nama Disney merupakan plesetan dari D’Isigny. Walter Disney semenjak kecil sudah mempunyai hobi dibidang seni lukis dan kereta api. Seorang dokter bernama “Doc” Sherwood membayar Disney untuk menggambar kuda miliknya dan Sherwood sangat puas dan memuji hasil karya Disney.


Ayah Walter, Elias Disney memindahkan keluarganya ke kota Chichago setelah ia membeli saham di pabrik Jelly O-Zell pada tahun 1917. Dan di tahun ini juga, Disney memulai masa remajanya di McKinley High School dan berhasil menjadi seorang kartunis untuk koran sekolahnya saat menghadiri acara kursus Chicago Art Institute. Pada usia 16 Disney memutuskan untuk keluar dari sekolah dan ingin menjadi tentara Amerika Serikat, Namun sayangnya ditolak dikarenakan belum cukup umur. Akhirnya Walter dan seorang temannya bergabung dengan tim Palang Merah dan bertugas sebagai sopir ambulans di Prancis selama setahun.

Setelah masa kerjanya selesai, Walter memutuskan untuk kembali ke Kansas City dimana ia ingin memulai karir seninya kembali. Ia akhirnya memilih melukis karikatur politik, namun tidak ada yang melirik karyanya. Disaat itu datang saudaranya, Roy yang bekerja untuk salah satu bank di Kansas City, dan menawarkan Walter pekerjaan di Pesmen Rubin Art Studio bersama seorang kartunis bernama Ubbe Iwerks sebagai pembuat iklan untuk surat kabar, bioskop, dan majalah. Namun dengan berakhirnya masa kerja, mereka berdua (Walter dan Ubbe Iwerks) memutuskan untuk mendirikan perusahaan sendiri.

Pada tahun Januari 1920, akhirnya mereka berdua membuka perusahaan bernama “Iwerks-Disney Commercial Artists”. Dan dengan modal yang kurang, akhirnya Disney memutuskan  untuk sementara bekerja di Kansas City Film Ad Company untuk mencari tambahan modal. Iwerks yang sendirian mengurus perusahaan tidak mampu menjalankan bisnis tersebut, dan memutuskan untuk menutup usaha tersebut. Disney mencoba untuk mengembangkan hobinya dalam bidang animasi dengan fokus pada cutout animation. Dan pemilik A.V Cauger (pemilik Ad Company) menginjinkan Walter untuk memakai kamera dari tempat kerjanya untuk uji coba dirumah.

Walter Disney melihat ada masa depan yang menjanjikan dibanding bekerja sebagai cutout animasi di Ad Company, setelah membaca sebuah buku karangan Edwin G.Lutz berjudul Animated Cartoons: How They Are Made, Their Origin and Development. Dan Walter mengambil langkah baru lagi dimana ia membuka bisnis animasi sendiri dengan merekrut Fred Harman, salah seorang rekan kerjanya di Kansas City.

Pada tahun 1920, dengan mendapat persetujuan dari Frank L. Newman (showman), akhirnya mereka dapat menyiarkan kartu pertama mereka yang berjudul “Laugh-O-Grams” dibioskop tersebut. Diluar dugaan film kartun ini sangat populer di Kansas City, dan dari film kartun pertama ini (Newman Laugh O Grams) Walter dapat membeli sebuah studio dan merekrut lebih banyak lagi animator seperti Hugh Harman (Adik Fred Harman), Rudolf Ising serta Ub Iwerks. Studio Disney yang baru berjalan beberapa bulan ini harus gulug tinggi karena gaji karyawan yang tinggi serta dililit hutang. Sehingga Walter memutuskan untuk menutup studionya kemudian membuka studio di Hollywood, California.

Setelah mendirikan studio di Hollywood hasil patungan antara Disney dan saudaranya. Kini Walter Disney mencari penerbit yang mau mengedarkan film kartun berjudul “Alice Comedies” yang sempat ia buat di Kansas City. Adalah NewYork Margaret Winkler yang berminat untuk mengedarkan film tersebut.Virginia Davis yang berperan sebagai Alice dan Iwerks harus pindah dari Kansas City dikarenakan pekerjaan ini. Ini merupakan titik awal seorang Walter Elias Disney di Studio Disney Brother’s yang akan menjadi Legenda.

Ditahun 1925 ia bertemu Lilian Bounds yang bekerja di Disney Brother’s sebagai pelukis seluloid animasi dan akhirnya mereka menikah. Namun usaha mereka untuk mempunyai anak pertama harus terhenti dikarenkan Lilian mengalami keguguran. Dan pada 18 Desember 1933 lahir seorang anak perempuan bernama Diane Marie Disney dan mengadopsi Sharon Mae Disney.

Pada 1930an, Disney merasa perlu mengembangkan satu karakter baru dikarenakan Felix The Cat mulai pudar. Walter ingat pernah memelihara seekor tikus di Kansas City dan memberikan sedikit gambaran, akhirnya Ub Iwerks mencoba untuk membuat sketsa yang lebih baik lagi. Menurut seorang karyawan Disney mengatakan “Ub Melukis wajah Miki, namun Walt yang memberikan jiwanya.” Pada awalnya sebelum diberi nama Miki, tokoh tikus ini bernama “Mortimer” yang diubah menjadi “Miki Mouse” oleh Lilian Disney. Akan tetapi film animasi pendek pertama miki berjudul “Plane Crazy” gagal mendapatkan distributor dikarenakan “film bisu”. Disney akhirnya membuat kartun dengan suara berjudul “Steamboat Willie” yang langsung meroket hingga 1946. Dan Miki Mouse sukses mengalahkan tokoh kartun paling populer didunia Felix the Cat.

Quotes Walt Disney:

“We keep moving forward, opening new doors, and doing new things, because we’re curious and curiosity keep leading us down new paths.“

4 comments:

 

Google+ Badge

Followers