Pages

Monday, December 23, 2013

6 Tips Menjadi Pemimpin Yang Lebih Baik Dengan Humor

6 Tips Menjadi Pemimpin Yang Lebih Baik Dengan Humor

Top10terbaik.com - Tertawa masih menjadi obat terbaik untuk sakit apapun. Namun apakah anda sadar saat sedang di sibukan atau serius pada suatu pekerjaan kita lupa untuk relax dan tersenyum sedikit. Banyak yang beranggapan bahwa “humor” dianggap sebagai suatu gangguan dalam duni kerja, namun kenyataannya humor merupakan salah satu hal penting dan diperlukan untuk sukses dalam dunia bisnis serta hidup anda. George Wallace adalah seorang komedian dan penulis buku berjudul “Laft it Off”.  Ia menjelaskan bahwa banyak cara menjadi seorang pemimpin, dan kali ini ia membagikan 6 Cara Menjadi Pemimpin Yang Lebih Baik Dengan Humor.


1. Buang sikap “Bossy” anda.

Seorang pemimpin yang baik, tidak bersikap "Bossy" atau suka menang sendiri. Sikap ini hanya menciptakan masalah. Karena sesungguhnya, tidak ada seorang pun yang benar-benar mau bekerja keras dilingkungan yang tidak bersahabat jika bukan karena terpaksa. Hilangkan sikap “Bossy” anda, dan buat karyawan anda merasa lebih nyaman dengan sikap anda. Maka produktivitas perusahaan anda akan meningkat.

2. Jadilah penyemangat karyawan anda.
Bekerja di kantor selama 9 sampai 10 jam terkadang membuat karyawan anda merasa jenuh dan letih. Humor merupakan cara yang baik untuk membangunkan mereka dari rasa bosan dan kembali fokus pada pekerjaan mereka.

3. Ingatlah setiap kejadian lucu anda
George mengatakan bahwa tertawa dapat memicu endorfin (senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang) dan kejadian tersebut akan terkunci dalam ingatan kita. Itulah sebabnya sampai saat ini George masih mengingat kisah-kisah lucu saat ia masih kecil. Jadi jika ingin tim anda mengingat apa yang anda jelaskan, sebaiknya lakukan dengan cara yang menghibur lucu (dalam artian bukan melawak).

4.  Jadilah “Pencair” suasana.
Jika pada suatu diskusi terjadi konflik serta emosi yang tinggi. Maka humor bisa menjadi semacam “tombol riset” pada situasi disana. Humor dapat pula mencairkan suasana dan membuat relax pada kondisi saat itu. Kemudian anda dapat melakukan diskusi ulang dari cara ini. George sendiri mengatakan bahwa “Hidup itu lucu” bahkan ketika dalam kondisi serius pula.

5. Buatlah suasana nyaman terlebih dahulu.
Sering kita menemui hal yang buruk untuk disampaikan seperti kerugian atau kesalahan dan kita bingung bagaimana menjelaskannya. Gunakan humor sebelum masuk ke topik utama anda. Karena anda sedang berbicara dengan manusia yang memiliki perasaan. Dengan humor yang anda buat, sedikit akan mencairkan ketegangan disaat anda masuk ke topik anda.

6. Sifat anda menentukan sifat karyawan anda.
George percaya bahwa bila seorang pemimpin yang humoris akan mendapatkan karyawan yang humoris juga. Sama halnya seperti bila ingin pintar, bergaulah dengan orang pintar dan bila ingin bodoh bergaulah dengan orang bodoh. Lebih besar kemungkinan anda ikut tertular kebiasaan mereka bila berada dilingkungan tersebut.

Humor merupakan salah satu “bumbu” yang penting dalam kepemimpinan, bila tidak ingin karyawan anda menjadi stress dan bosan. Buang jauh-jauh sikap “Bossy” (suka menang sendiri) karena hanya akan membuat karyawan tidak menyukai anda. Apakah sikap anda dalam memimpin? atau sikap atasan anda dalam menjaga kesejahteraan karyawan?

0 comments:

Post a Comment

 

Google+ Badge

Followers