Pages

Wednesday, December 18, 2013

Sejarah Singkat Terbentuknya Google

Sejarah Singkat Terbentuknya Google

Fakta Menarik - Hampir 99% pengguna komputer pasti tahu apa itu Google yang menjadi Search Engine utama para pengguna dunia maya. Namun sebelumnya Kita balik ke awal jauh sebelum Google muncul. Memulai langkahnya pada Maret 1996, sebuah proyek penelitian mesin telusur bernama BackRub dikerjakan oleh Larry Page dan Sergey Brin,Ph.D yang merupakan mahasiswa di Universitas Stanford dimana saat itu mereka juga bekerja di Stanford Digital Library Project (SDLP). Lebih dari satu tahun BackRub beroperasi di server Stanford, namun menemui masalah dikarenakan
menyedot terlalu banyak pita karena permintaan universitas yang besar.

Pada tahun 1997 Larry dan Sergey memutuskan bahwa BlackRub memerlukan nama baru. Akhirnya setelah bertukar pendapat nama "Google" di pilih mereka. Nama ini di ilhami dari kata “Googol” yang bila dalam matematika digunakan untuk bilangan yang direpresentasikan dengan angka 1 yang diikuti 100. Istilah ini juga mencerminkan misi mereka yaitu mengatur jumlah informasi di web yang terasa tak terbatas. Di sinilah Google memulai langkah awalnya untuk menjadi raksasa di dunia maya seperti sekarang ini.

4 September 1998, Google mengajukan pembentukan badan hukum di California, sekaligus membuka rekening bank dengan nama perusahaan yang baru dan menyetorkan cek yang diberikan Pendiri Sun, Andy Bechtolsheim senilai $100.000 untuk sebuah perusahaan yang belum ada. Dan kantor pertama Google berlokasi di 232 Santa Margarita, Menlo Park di tempat Susan Wojcicki yang saat ini menjabat sebagai Wakil Presiden Senior yang bertanggung jawab atas manajemen produk dan teknik di Google.

Pada Februari 1999 harus pindah dua kali, pertama mereka memutuskan untuk memperluas kantornya, kemudian mereka pindah ke 165 University Avenue di Palo Alto. Dimana mereka hanya mempekerjakan delapan pegawai. Dan kedua berlokasi 2400 E.Bayshore dimana lokasi tersebut terletak beberapa mil sebelah selatan Universitas Stanford dan Kota Silicon Valley, Santa Clara, dan San Jose. Di tahun yang sama juga mereka mendapatkan suntikan modal $25 juta untuk siaran pers pertama mereka yang membahas tentang sebutan untuk “Googlers” sebutan untuk para pengguna google. Dan keluar Google bertambah dua orang yakni Yoshka (Anjing pertama Google) dan Charlie Ayers (Koki pertama Google).

Pada tahun 2000, Google mengeluarkan produk-produk baru di antaranya Google.com dengan versi 10 bahasa (Italia, Prancis, Jerman, Belanda, Dansk, Norsk, Spanyol, Suomi, Swensk, Portugis),  Google AdWords dimana telah terdaftar 350 pelanggan, dan Google Toolbar diliris di tahun ini. Google juga menawarkan kerjasama dengan Yahoo!, dan perusahaan di China, Jepang, dan Korea. Dan Google menjadi mesin telusur terbesar di dunia dengan indeks milliaran URL.

Pada 2001, merupakan pengangkatan untuk jabatan setiap divisi. Veteran Silicon Valley dan Wayne Rosing di angkat sebagai Wakil Presiden Operasi Teknik. Sementara itu di kantor Internasional pertama di Tokyo, Eric Schmidt menjadi CEO, lalu Larry sebagai Presiden Produk dan Segey di tunjuk sebagai Presiden Teknologi. Di tambah dengan kerjasama dengan Universo Online (UOL) membuat Google menjadi layanan penelusuran utama untuk jutaan orang Amerika Latin. Dan fitur penelusuran gambar resmi di buka pada tahun ini.

Tahun 2002, Perangkat keras Google yang pertama dirilis. Perangkat ini berupa kotak kuning yang sering disebut Google Search Appliance yang dipasang di jaringan komputer bisnis sebagai penelusuran dokumen sendiri. Produk Google Labs dan Froogle (Google Product Search) resemi dirilis. April Mop tahun ini, google mengambil tema burung merpati yang menjadi sumber daya hasil penelusuran kami. Dan Kantor pertama Google di Australia berada di Sydney.

Di tahun 2003, Google membuka pendaftaran bagi pembuat program untuk berkompetisi dan bagi pemenang dapat meraih hadiah uang tunai dan pengakuan dari Code Jam, serta berkesempatan bekerja di Java, C++, C# atau VB.NET. Produk Google Grants dan Google Print resmi dirilis. Dan Layanan iklan dengan konten yang difokuskan dimana memungkinkan penayang kecil dan besar dapat mengakses pengiklan Google yang luas, Teknologi ini saat ini lebih dikenal dengan nama “AdSense”.


Tahun 2004, Orkut yang hampir sama dengan Google+ ini resmi diluncurkan. Namun sekarang ini Orkut sendiri tidak terlalu diminati untuk beberapa negara. Kantor Google pindah ke “Googleplex” di 1600 Amphitheatre Parkaway di Mountain View dengan kapasitas 800 lebih pegawai membuat mereka seperti bekerja di kampus. Produk baru bermunculan di tahun ini; Google SMS, Google penelusuran Desktop, Google Cendekia, serta Keyhole (Google Earth) resmi dirilis.  Pada tahun ini total indeks google mencapai 8 miliar.

Pada 2005, Penelusuran Gambar terindeks mencapai angka 1.1 milliar ini merupakan puncak tertinggi dalam sejarah. Google dalam evaluasi mesin penerjemah pemerintah AS mendapat poin terbaik pada tahun 2005. Google Analytics yang sebelumnya bernama Urchin dan Google Maps pertama dibuat untuk negara Inggris, serta Google Talk resmi diluncurkan. Dan Gmail untuk mobile sudah dapat digunakan.

Di tahun 2005, bagaikan benih yang telah menjadi buah yang matang dan siap dipetik. Disinilah puncak kesuksesan Google sampai sekarang ini. Mesin Telusur ini diakses oleh semua negara dalam 35 bahasa. Produk-produk yang mereka tawarkan telah digunakan lebih dari ratusan juta pengguna. Anda yang bekerja sebagai seorang SEO (Search Engine Optimatizion) pasti mengerti arti pentingnya Google. Saya pribadi 99% bila mencari informasi lewat mesin telusur ini. 

Apakah anda pernah menggunakan produk di Google?? apa tanggapan anda tentang produk tersebut?? Yuk Sharing ya dimari.

0 comments:

Post a Comment

 

Google+ Badge

Followers