Pages

Saturday, December 21, 2013

Zaman Keemasan Animasi Walt Disney

Zaman Keemasan Animasi Walt Disney

Tokoh Inspiratif - Profil singkat tentang pendiri Walt Disney: Walter Elias Disney atau yang lebih dikenal Walt Disney lahir pada tanggal 5 Desember 1901 beralamat di 2156 N. Tripp Avenue di Chicago. Walter sendiri merupakan keturunan Robert D’Isigny, orang Prancis yang berkelanan ke Inggris. Dan nama Disney merupakan plesetan dari D’Isigny. Walter Disney semenjak kecil sudah mempunyai hobi dibidang seni lukis. Silakan baca postingan sebelumnya berjudul Sejarah Awal Terbentuknya Walt Disney untuk lebih mengenal sosok beliau.


Walt Disney yang telah sukses menciptakan tokoh kartun Felix the Cat dan Mikie Mouse. Pada tahun 1934, Disney mendapatkan ide untuk membuat film kartun berjudul “Snow White and the Seven Dwarfs”. Ide ini menuai banyak hinaan dari para produsen film dan masyarakat dimana mereka mengatakan bahwa rencana ini merupakan “Disney’s Folly” (Kebodohan Disney). Istri Disney, Lilian serta Saudaranya, Roy membujuk Disney agar tidak melanjutkan recana tersebut. Namun Disney yakin pada apa yang sedang ia lakukan.

Kemudian ia mempekerjakan Profesor Don Graham dari Chouinard Art Institute sebagai pekerja studio. Menggunakan konsep Silly Symphonies sebagai wadah untuk menguji animasi manusia yang realistik, spesial effect, dan peralatan khusus seperti kamera multiplane. Segala upaya dilakukan agar dapat meningkatkan mutu studio lewat latihan dan pengembangan agar dapat menyajikan kualitas yang diinginkan oleh Disney. Dan proses pembuatan film “Snow White and the Seven Dwarfs” diproduksi dari tahun 1934 hingga 1937. Proses pembuatan harus terhenti sementara dikarenakan saat itu Disney kekurangan dana dan harus meminjam ke Bank of America.

Pada 21 Desember 1937, Film kartun berjudul Snow White and the Seven Dwarfs diputar perdana di Carthay Circle Theater. Dan setelah film selesai diputar, semua penoton berdiri dan memberikan tepuk tangan atas film animasi ini. Animasi Snow White and the Seven Dwarfs ini menjadi film yang paling sukses didunia setelah sukses memperoleh lebih dari 8 juta dollar dalam tayangan perdananya. Dan RKO Radio Pictures setuju menjadi distributor untuk film ini. Keinginan Disney untuk membangun sebuah kampus bagi Walt Disney Studios di Burbank akhirnya dapat terwujud pada 24 Desember 1939 lewat penjualan film Snow White ini. 

Lewat film animasi “Snow White and the Sevens Dwarfs”  ini merupakan titik awal zaman keemasan dalam animasi Walt Disney. Walt Disney butuh hampir empat dekade untuk dapat merasakan buah yang manis. Walaupun saat ini beliau sudah tidak ada lagi, namun seperti quote dibawah, semuanya akan terus berjalan selama didunia ini masih ada imajinasi. Apa tanggapan anda tentang sosok beliau?? Yuk sharing disini.

Quote by Walt Disney:
“Disneyland will never be completed. It will continue to grow as long as there is imagination left in the world.”

4 comments:

  1. Ternyata bgt ya. Ane suka snow white jg. Dan quotes ny ane suka bgt

    ReplyDelete
  2. @jam antik: yoi. saya juga suka bgt kata dari quotes. cm kl ga ada disney ya ga ada tokoh kartun ky miki, guffy, donal duck, dll
    salam kenal :)

    ReplyDelete
  3. Walt Disney termasuk tokoh yang banyak menemui kegagalan sebelum mencapai kesuksesan di masa hidupnya. salutttt

    ReplyDelete
  4. @Norain: Thanks sudah berkomentar disini. Betul, Walt Disney termasuk salah satu tokoh yang harus susah payah sebelum sukses. namun sekarang ini sudah maju sekali dan efek modern sudah disisipkan.

    ReplyDelete

 

Google+ Badge

Followers