Pages

Tuesday, December 17, 2013

5 Tips Sederhana Merawat Baterai Anda Agar Lebih Awet

5 Tips Sederhana Merawat Baterai Anda Agar Lebih Awet

Tips Unik - Smartphone atau ponsel cerdas merupakan salah satu gadget yang paling sering digunakan. Fitur yang kaya dan didesain dengan resolusi, pixel dan warna yang tinggi. Namun ternyata fitur-fitur tersebut yang membuat baterai smartphone anda cepat lowbat, dikarenakan dua fitur tersebut yang membuat konsumsi baterai lebih banyak. Produsen yang membuat baterai untuk Smartphone sendiri terus berupaya untuk membuat baterai lebih awet dan tahan lama saat di operasikan. Hari ini saya ingin membagikan beberapa tips sederrhana tentang cara merawat baterai anda agar lebih awet.


1. Jangan biarkan baterai benar-benar habis
Para pengguna Blackberry pasti sering menemui kejadian ini, dimana pada bar baterai muncul warna merah alias “sekarat” baru di lakukan pengecasan. Bahkan beberapa pengguna akan melakukan pengecasan saat BB sudah dalam keadaan lowbat atau off. Hal ini harus dihindari, khususnya bagi anda yang menggunakan baterai tipe Li-ION dan Lithium Polymer. Waktu pengecasan sendiri baiknya dilakukan saat baterai tersisa 20% atau 30%.

2. Matikan ponsel anda saat dalam pengecasan
Hal ini dilakukan untuk men-switch off fitur-fitur pada smartphone anda, sehingga proses pengecasan akan efektif. Tapi ini dilakukan pada saat anda sedang tidak dalam kondisi menunggu telepon dari seseorang atau selepas pulang kerja.

3. Hindari mencabut baterai hanya untuk mengganti SIM Card
Pada saat anda ingin mengganti SIM Card anda, otomatis anda harus mematikan handphone dan mencabut baterai anda. Namun apakah anda tahu bahwa setiap kali anda melakukan hal tersebut, ponsel anda harus booting dari awal lagi, dan sistem akan memuat data dan mencari sinyal operator anda. Hal ini membutuhkan daya yang besar untuk satu kali proses. Bayangkan bila anda satu hari mengganti lima kali SIM Card anda, tentunya baterai akan lebih cepat drop dan rusak.

4. Matikan penggunaan fitur yang tidak perlu
Seperti yang dijelaskan diawal. Fitur pada ponsel, terutama smartphone memakan daya yang besar. Maka sebaiknya matikan aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan. Fitur seperti Flash pada siang hari ataupun matikan mode getar dan lampu latar bila anda berada diruangan yang tidak ramai.

5. Gunakan SIM Card yang mendukung sinyal ditempat anda
Beberapa orang tidak sadar akan hal ini. Bila anda cermati sekali lagi, saat anda sedang standby ataupuna mengirim pesan entah itu SMS maupun BBM dalam keadaan tidak ada sinyal atau SOS maka jaringan anda akan terus mencari sinyal tersebut. Dan tentu saja proses tersebut akan memakan daya baterai anda.


Sebenarnya tips diatas tidak hanya berlaku untuk smartphone namun bisa berlaku juga untuk Notebook anda. Namun fakta tentang baterai ialah cepat atau lambat baterai pasti akan soak atau rusak. Kita tidak bisa menjamin baterai awet selamanya, namun setidaknya kita dapat membuatnya tahan lebih lama. Begitulah kira-kira.. Bagaimana tanggapan anda?? silakan bila anda ingin menambah atau sharing tentang cara merawat baterai agar lebih awet. Baca juga ya 5 Tips cara merawat layar sentuh smartphone

0 comments:

Post a Comment

 

Google+ Badge

Followers