Pages

Wednesday, December 18, 2013

7 Fakta Di Balik Layanan PayPal

6 Fakta Di Balik Layanan PayPal

7 Fakta Di Balik Layanan PayPal - Seperti yang kita ketahui, PayPal merupakan Bisnis E-commerce terkemuka yang menyediakan fasilitas pembayaran dan transfer uang online secara global. Namun ada beberapa negara yang tidak menyediakan layanan atau jasa ini. Hampir semua penjual dan pembeli di seluruh dunia menggunakan jasa PayPal sehingga PayPal di percaya sebagai jalur transaksi yang aman. Dengan basis pengguna yang besar di pasar online ini, perekonomian dunia juga ikut terangkat dengan adanya layanan jasa ini. Namun apakah anda tahu bagaimana PayPal itu terbentuk??
dan mengapa banyak yang tidak suka PayPal?? Berikut 6 Fakta di Balik Layanan PayPal:

1. PayPal dikembangkan setelah perusahaan internet jasa keuangan, X.com dimiliki oleh “Confinity” pada Maret 2000. Confinity sendiri didirikan pada Desember 1998 oleh Ken Howery, Max Levchin, Luke Nosek, dan Peter Thiel.

2. Pada tahun 1999 Confity meluncurkan layanan jasa transfer uang yang disebut PayPal. Dan PayPal hanya berumur satu bulan ketika X.com mengakuisisi Confinity, namun pendiri X.com, Elson Musk yakin bahwa PayPal mempunyai masa depan yang menjanjikan.

3. President dan CEO, Bill Haris tidak setuju dengan keputusan tersebut kemudian keluar dari perusahaan pada Mei 2000. Dan pada Oktober 2000, Elson Musk memutuskan X.com akan menghentikan Operasi Internet Banking dan berganti nama menjadi PayPal yang mengurusi layanan keuangan.

4. Pada tahun 2002, PayPal di beli oleh eBay dengan harga 1.5 milliar dollar. Dimana lebih dari 1 juta pengguna eBay menggunakan layanan PayPal sebagai alat pembayaran. 70% lelang di eBay menerima pembayaran lewat PayPal. Dan Pada tahun 2008, total nilai transaksi mencapai US $60 miliar, meningkat 27% dibanding tahun lalu. Dan US $71 miliar pada 2009 meningkat 19%. Pada tahun-tahun itu, PayPal menjadi salah satu raksasa dalam pembayaran online.

5. Founder YouTube, Chad Hurley, Steve Chen, Jawed Karim pernah bekerja sebagai karyawan di PayPal pada tahun 2005. Dan bonus yang diterima dari penjualan PayPal ke eBay digunakan untuk membuka situs YouTube.

6. Perjalanan PayPal tidak selalu berjalan mulus, dimana muncul berbagai situs dan blog yang kontra terhadap layanan ini. dikarenakan uang di dapat saat paket telah terkirim ke penerima, kemudian si penerima harus mengkonfirmasi kepada PayPal agar dana tersebut dapat diteruskan ke penjual. Kalau di Indonesia mungkin hampir sama dengan Rekening Bersama. Namun sayangnya bila tidak ada konfirmasi dari si pembeli. Maka ketentuan PayPal, si penjual harus menunggu 90 hari agar dana dapat di berikan, Hal ini tentunya sangat memberatkan. Sistem ini digunakan PayPal sejak eBay membeli perusahaan layanan ini.

7. Banyak rumor di dunia maya yang mengatakan bahwa sejak mendaftar di PayPal, kartu kredit yang digunakan pada layanan tersebut di hack. Ada tagihan transaksi yang tidak pernah mereka lakukan. Dan setelah di telusuri ternyata berasal dari luar negara. PayPal sendiri yakin bahwa ini bukan berasal dari kesalahan mereka. Predikat transaksi yang aman  akan menjadi tanda tanya besar untuk PayPal.

Saya hanya pernah satu kali transaksi menggunakan layanan PayPal pada 2010 ketika memesan jam tangan. Dan puas dengan barang yang saya terima, begitu pula dengan penjualnya. Saran saya hati-hati dan teliti saat ingin membeli barang lewat online market. Dengan adanya PayPal membuat penjual atau pembeli sama-sama diuntungkan. Apakah anda pernah menggunakan layanan jasa ini? dan apa tanggapan anda? Yuk sharing dimari.

0 comments:

Post a Comment

 

Google+ Badge

Followers