Tips
Bisnis dan Marketing - Era bisnis yang terus berkembang dan
bersaing membuat setiap orang harus ekstra kerja keras untuk mendapatkan
kinerja yang lebih baik. Mereka harus memeras otak dan tenaga mereka hingga
titik tertinggi. Namun dengan kondisi seperti ini mereka tidak akan dapat fokus
total seperti awal mereka bekerja, sehingga kesalahan dalam mengambil keputusan
dan membuat laporan pasti terjadi. Oleh sebab itu fokus mutlak diperlukan dalam
dunia bisnis untuk menciptakan efektifitas dan efisiensi kerja yang baik.
Berikut 5 hal yang menolong kita untuk
tetap fokus yang dapat anda terapkan dalam hidup anda:
1.
Pahami gaya bekerja anda
Saya pribadi akan fokus
saat berada di tempat yang tenang dan terbuka oleh sebab itu saya selalu
mengerjakan bahan tulisan saya pada saat jam 12 malam atau jam 2 pagi saat
orang-orang sedang tidur. Kemudian saya akan membawa Notebook saya ke warung
kopi dekat rumah saya, dan mulai mengerjakan pekerjaan saya. Lain halnya dengan
teman saja, sebut saja namanya Joko Tingkir. Ia akan fokus saat bekerja bila
berada di depan komputer didalam kamarnya sambil mendengarkan musik menggunakan
headphone. Kenali Gaya anda bekerja, dengan begitu suatu pekerjaan dapat
diselesaikan secara fokus dan efisien.
2.
Jangan pikirkan hal yang belum tentu terjadi.
Sering saat kita sedang
mengerjkan satu pekerjaan terkadang akan ada pikiran muncul, apakah cara ini
benar?, apa yang harus dilakukan bila cara ini salah?, dan bagaimana solusinya
untuk keluar dari masalah ini bila terjadi?. Persamaan dari tiga pertanyaan diatas
merupakan hal yang belum terjadi. Hal tersebut hanya muncul di pikiran kita.
Memang seorang pemilik bisnis, kita belajar untuk mengantisipasi langkah
berikutnya. Namun ini merupakan kebiasaan buruk yang akan merusak fokus kita.
Jadi Cobalah untuk belajar tidak khawatir tentang suatu hal yang belum tentu
terjadi dan maksimal mengerjakan pekerjaan kita dengan sebaik-baiknya.
3.
Jangan terburu-buru mengambil keputusan
Saya dulu sering sekali
mengambil suatu keputusan yang pada akhirnya saya sesalkan. Bukan hanya di
dunia kerja namun terkadang dalam hidup pribadi, dan hal tersebut membuat saya marah
sendiri. Teman saya pernah berkata pada saya bahwa saat kita dalam situasi yang
mendesak dan diharuskan mengambil suatu keputusan, otomatis “fokus” kita akan berkurang. Oleh sebab
itu ciptakan satu momen dimana kita harus menenangkan pikiran sebelum mengambil
keputusan. Dan bila itu tidak bekerja, mintalah satu atau dua hari kepada
mereka untuk anda berpikir ulang dan berikan alasan anda. Karena keputusan yang
terburu-buru tanpa satu atau dua pertimbangan hanya akan membuat anda jatuh
dalam lubang yang sama, kecuali anda sudah tahu benar medan anda.
4.
Buat daftar harian tentang apa yang anda akan lakukan
Setiap hari saya
menyiapkan daftar harian tentang “Apa yang saya lakukan hari ini”, saya akan
menyortir mana yang lebih prioritas duluan. Dan hari ini saya harus bertemu
salah satu kolega bisnis saya pukul 9 pagi, maka ini akan saya prioritaskan.
Oleh sebab itu saat sudah sampai ditempat tujuan, saya pasti mematikan
Smartphone saya. Hal ini dilakukan agar saya dapat fokus penuh pada pembicaraan
dan dapat memilih keputusan yang baik saat bisnis dengan kolega saya. Hal ini
telah saya coba dan saya bisa fokus penuh dan mengerti apa yang harus saya
lakukan. Dan saat saya menyalakan kembali ponsel, hanya beberapa sms yang tidak
terlalu penting yang masuk.
5.
Hadiahkan diri anda
Sama halnya seperti
anda memberikan pujian atau bonus pada karyawan. Anda juga perlu sesekali
dimanjakan. Saya sendiri setelah kegiatan yang mengharuskan saya untuk fokus
penuh, saya akan mengambil waktu sejenak untuk duduk santai di warung kopi,
atau mungkin pergi ke tempat pijat refleksi. Kemudian setelah itu, saya akan
kembali fokus pada pekerjaan saya.
Tidak fokus bisa di
ibaratkan seperti kita berada di sebuah jalan yang tertutup kabut. Bila kita
terus memacu kendaraan kita, kemungkinan besar kita akan mengalami kecelakaan.
Bagaimana tanggapan anda? Apakah anda mengenali gaya bekerja anda dan apakah
anda telah membuat daftar harian anda?
“Keep focused on the
substantive issues. To make a decision means having to go through one door and
closing all other.” by: Abraham Zaleznik
salam kenal gan. informasi nya menarik. poin nomor 2 yang sering saya alami, saya sudah coba ga pikirin. tp tetap aja parno duluan hahaha
ReplyDelete