Pages

Sunday, December 15, 2013

10 Fakta Menarik Tentang YouTube

10 Fakta Menarik Tentang YouTube

10 Fakta Menarik Tentang YouTube - YouTube merupakan tempat membagi informasi berupa video. Lewat website ini, kita dapat memperkenalkan produk yang ingin kita jual ataupun meraup dollar. Dan YouTube sendiri digunakan di 25 negara dengan 43 bahasa berbeda dan Milliaran video ditonton setiap harinya. Namun apakah anda tahu fakta-fakta tentang YouTube dari awal terciptanya domain ini? Berikut 10 fakta menarik tentang YouTube yang jarang orang tahu: 

1.      YouTube diciptakan oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim pada tahun 2005 ketika mereka bertiga sama-sama bekerja sebagai karyawan di PayPal. Yang menarik ialah Logo PayPal diciptakan oleh Hurley sendiri ketika ia sedang membaca artikel tentang  perusahaan pembayaran online dan kemudian mulai mengirim surat elektronik (E-mail) untuk mencari pekerjaan. Pada awalnya, YouTube di danai oleh bonus yang diterima mereka, ketika eBay membeli PayPal pada 2002. Jadi bila tidak ada PayPal, Maka tidak akan ada YouTube.

2.      Konsep awal YouTube merupakan situs video kencan,  namun terinspirasi oleh Tsunami 2004 yang melanda Lautan Indian dan Insiden kasus puting Janet Jackson terekam pada acara Super Bowl, Maka mereka mendapatkan ide untuk website mereka dimana para pengguna dapat membagikan atau sharing video mereka. Saat ini situs YouTube sendiri digunakan sebagai tempat berbagi  informasi, bisnis, tutorial, dan pengetahuan

3.      Domain “YouTube.com” terdaftar pada 2005 saat Hari Valentine. Akan tetapi, terjadi salah pengertian pada domain “u.tube.com” perusahaan Universal Tube & Rollform Equipment yang bermarkas di Perrysburg, Ohio. Mereka menggugat YouTube karena kewalahan dengan trafik yang diterima oleh pengguna dimana nama domain mereka hampir sama bila diucapkan. Namun klaim tersebut tidak diterima.
4.      Video pertama yang di upload di YouTube berjudul “Me at the Zoo” yang direkam oleh Yakov Lapitsky di kebun binatang San Diego. Di video tersebut Co-Founder, Jawed Karim berada di depan kumpulan gajah yang sedang makan rumput. Sampai saat ini (2013) video tersebut telah ditonton lebih dari 13juta kali sejak debut awalnya pada 23 April 2005.

5.      Video berjudul “Charlie Bite My Finger” merupakan video paling banyak di tonton, di sukai, dan di favoritkan (terlepas dari Official Video Music). Di video tersebut terlihat sang adik (Charlie) mengigit jari sang kakak (Harry). Video lucu berudurasi 56 detik ini telah di tonton lebih dari 616 juta kali (2013). Saat ini video Justin Beiber, PSY (Gangnam Style) dan lainnya lebih banyak ditonton.

6.      Februari 2011, YouTube telah memiliki 490 juta pengguna unik setiap bulannya yang tersebar di dunia. Dan diperkirakan 92 juta halaman di lihat setiap bulannya. Mereka (YouTube) menghabiskan 2.9 miliar jam setiap bulan untuk mengindeks data tersebut. Statistik tersebut hanya pada halaman utama website pengguna  komputer, belum termasuk Embedded videos dan video yang ditonton dari perangkat mobile (Handphone/Tablet).

7.      YouTube sendiri memiliki akun social media seperti Twitter, Facebook, Google+ dan lainnya. Dan rata-rata link “YouTube” di tweets lebih dari 400 kali per menitnya. Di Facebook sendiri link ke youtube lebih dari 700 kali per harinya. Pada pengguna mobile sendiri.

8.      Penyanyi bergenre Rock, Rick Astley atau “Rickroll” tampil di YouTube pada 2007. Dan The Rickroll telah menjadi bahan candaan didunia maya. 

9.      Hari April Fools Days, sering ditampilkan pada uploader di YouTube. Setiap tahunnya pada bulan April selalu ada Video iseng entah itu berupa Artis ataupun Trend yang di benci. Yang pertama terjadi pada April 2009 dimana semua video memuat cover Rickroll.

10.  Pada November 2006, Terjadi kesepakatan antara pihak YouTube dan Google dimana Google membeli penuh domain YouTube dan semuanya dengan harga 1.65 Triliun Dollar. Hal ini menimbulkan reaksi pro dan kontra. Tercatat sebanyak 200 ribu video yang tidak copyright di hilangkan.


Apa yang anda rasakan saat menggunakan YouTube lama dan saat berada di tangan Google? Bagi saya pribadi itu tidak masalah, selagi kita sesuai dengan syarat dan ketentuan. 

3 comments:

  1. Ane biasa pake youtube cm bt liat video music aja. Jrng pakai bt yg lain. Thanks artikel maknyos

    ReplyDelete
  2. Sama-sama.. hehe semoga bermanfaat :) kalau bisa upload video juga.

    ReplyDelete
  3. Saya mau tanya ... bisakah viewers youtube itu dimanipulasi??

    Saya pernah membuka sebuah video, video itu ditonton sebanyak 5,8 juta viewers. Srlang beberapa jam ... saya buka video itu lagi, dan viewersnya turun menjadi 5,6 juta. Kira2 ini penyebabnya apa ya??

    ReplyDelete

 

Followers